Game of Thrones merupakan serial TV epik fantasi yang dibuat oleh David Benioff & DB Weiss yang ditayangkan untuk TV HBO. Ceritanya mengadopsi dari seri novel fantasi "A Song of Ice and Fire" karya George R. R. Martin pada buku seri I yang berjudul A Game of Thrones.
Dikisahkan 7 Great Houses (keluarga besar) di benua fiksi Westeros & Essos saling berebut kekuasaan untuk dapat menduduki tahta besi "The Iron Throne" di ibukota Westeros yaitu King's Landing. Persengkongkolan, pengkhianatan, intrik tidak berkesudahan, peperangan hingga percintaan terlarang yang selalu mewarnai episode demi episode.
Bagi sebagian orang, cerita ini mungkin sedikit rumit & sulit dipahami dengan cepat. Untuk itu lewat blog ini saya mencoba membantu & berbagi informasi kepada Fans Game of Thrones khususnya yang ada di Indonesia.

Monday, June 10, 2013

House Baratheon

House Baratheon didirikan oleh Orys Baratheon, seorang Panglima Besar King Aegon I Targaryen. Orys sendiri sebenarnya adalah saudara tiri Aegon I Targaryen. Dia mengalahkan Argilac "The Last of The Strom Kings" yang sombong juga menduduki Kastil Strom's End dan menahan putri Argilac yaitu Argalia dan menjadikan istrinya. Atas prestasinya itu King Aegon I Targaryen memberikan dia Lord of Strom's End sekaligus pendiri dari keluarga House Baratheon.
Kira-kira 300 tahun kemudian Lord Robert Baratheon memberontak terhadap King Aerys II Targaryen yang dikenal dengan "Robert's Rebellion".

Lyanna Stark, tunangannya yang juga adik kandung Ned Stark diculik tanpa alasan yang jelas oleh Prince Rhaegar Targaryen menyebabkan Brandon Stark dan Lord Rickrad Stark tewas ketika meminta pertanggungjawaban perbuatan Prince Raeghar ditangan King Aerys II Targaryen. Robert Baratheon bersama Ned Stark dibantu oleh House Arryn dan House Tully mengalahkan pasukan Targaryen dipertempuran Trident. Sementara itu keluarga House Lannister yang ada di King's Landing yaitu Jaime Lannister membelot lalu membunuh The Mad King Aerys II Targaryen. Karena Lord Robert Baratheon merupakan pimpinan pasukan pemberontakan dan juga diklaim merupakan darah terbaik untuk meduduki "The Iron Throne" menjadi raja di King's Landing. Sejak saat itu simbol keluarga House Baratheon yaitu seekor rusa berdiri dengan warna latar emas ditambahkan mahkota sebagai pernyataan dinasti baru telah lahir yang menduduki "The Iron Throne" memerintah semua lord yang ada di tanah Westeros dengan motto "Ours is The Fury". 
Sementara itu Kastil Strom's End diserahkan kepada saudara kecilnya yang masih kanak-kanak yaitu Renly Baratheon sedangkan Kastil peninggalan House Targaryen di pulau Dragonstone diberikan kepada saudara tengahnya Stannis Baratheon sekaligus penguasa beberapa pulau kecil diluar Crownland yang berada di Blackwater Bay. 

Banyak yang melihat pembagian wilayah ini adalah penghinaan terhadap Stannis, karena tidak seperti Kastil Strom's End di Stromland yang subur, kaya dan bergengsi,  Pulau Dragonstone wilayah yang sangat beragin, terisolir, tidak kaya & kurang bergensi. Namun Stannis Baratheon adalah komandan militer mampu menunjukan kesetiaannya dan pengalamannya dibutuhkan dalam mengendalikan Pulau Dragonstone mengingat pulau tersebuat adalah rumah bagi loyalis Targaryen berada.

Mabuk-mabukan adalah kebiasaan buruk yang tidak bisa lepas dari kehidupannya disamping melepas nafsu syahwatnya dengan siapapun wanita yang dia inginkan ketika sedang mabuk. Berburu adalah kegiatan lain diwaktu senggang yang biasa dia lakukan. King Robert Baratheon memiliki 3 orang anak dari istrinya yang seorang putri House Lannister yaitu Cersei Lannister. Anak pertama bernama Joffrey Baratheon, lalu Myrcella Baratheon dan yang paling kecil Tommen Baratheon. 

Dalam menjalankan roda pemerintahan King Robert Baratheon dibantu oleh "The King's Small Council", yaitu:
  1. Lord Jon Arryn (House Arryn) sebagai Hand of The King
  2. Grand Maester Pycelle sebagai Counselor & Healer
  3. Lord Petyr "Littlefinger" Baelish sebagai Master of Coin
  4. Varys sebagai Master of Whisperers
  5. Renly Baratheon sebagai Master of Law
  6. Stannis Baratheon sebagai Master of Ships
Disamping itu King Robert Baratheon juga dimemilki "The Royal Court" untuk melindungi & mengamankan keluarga kerajaan dari ancaman yang datang baik dari dalam maupun luar Kastil King's Landing. The Royal Court terdiri dari : 
  1. Ser Barristan Selmy sebagai Kingsguard Commander
  2. Ser Jaime Lannister sebagai The Knight of Kingsguard
  3. Sandor Clegane sebagai The Hound Bodyguard
  4. Janos Slynt sebagai Commander of The City Watch
  5. Ser Ilyn Payne sebagai Headsman
  6. Lancel Lannister sebagai King's Squire
  7. Ser Loras Tyrell sebagai Knight
Keluarga yang menjadi pengikut setia House Baratheon adalah :
  1. House Caron
  2. House Swann
Karakter Keluarga Baratheon


King Robert Baratheon | Mark Addy
 
Queen Cersei Lannister | Lena Headey
 
Prince Joffrey Baratheon | Jack Gleeson
 
 Princess Myrcella Baratheon | Aimee Richardson

 Prince Tommen Baratheon | Callum Wharry

Stannis Baratheon |  Stephen Dillane

 Renly Baratheon | Gethin Anthony

King Robert Baratheon juga memiliki anak haram bernama Gendry dari seorang wanita pramusaji bar hanya saja tidak seperti Ned Stark, Robert tidak merawatnya. Namun cukup mengetahui keberadaan dan menitipkannya pada seorang pandai besi di King's Landing.


Gendry | Joe Dempsie

1 comment: